cara merawat bibir

bibir

Banyak orang melewatkan bagian bibir dari rangkaian perawatan wajahnya. Padahal, bibir juga merupakan aset yang berharga, loh. Tidak percaya? Coba bayangkan jika Anda menjalani satu hari dengan bibir pecah-pecah dan berdarah pula. Pasti kepercayaan diri dan mood Anda pun akan berubah, bukan? Lalu langkah apa yang harus dilakukan untuk senantiasa menjaga keindahan bibir Anda? Ada baiknya memahami dulu penyebab keringnya bibir sebelum mencari tahu cara menghindarinya:
  • Kurang Vitamin
  • Salah satu faktor dari dalam tubuh yang mempengaruhi keindahan bibir adalah asupan vitamin. Lalu, vitamin apa saja yang dibutuhkan bibir? Ternyata Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung Vit. E, Vit. C, Vit. B, dan Vit. B2 yang berfungsi menjaga kesahatan kulit bibir. Beberapa contoh makanan yang mengadung vitamin-vitamin tersebut di antaranya ialah keju, kacang kedelai, buah-buahan dan sayuran-sayuran.
  • Asupan Makanan Yang Buruk
  • Ternyata makanan yang Anda makan juga mempengaruhi keindahan bibir. Terlalu sering memakan junk food dan makanan berminyak membuat bibir Anda tidak sehat dan cenderung kering.

  • Jangan Jilat Bibir Anda
  • Tahukah Anda bahwa kebiasaan menjilat bibir justru akan membuat bibir kering? Berbeda dari kelihatannya, berulang-ulang menjilat bibir sendiri tidak akan membuat bibir Anda basah merona, melainkan menyebabkan hilangnya kelembapan alami bibir. Kebiasaan ini justru lebih berhubungan dengan masalah psikologis dibandingkan masalah kesehatan bibir.

  • Kebiasaan Buruk Pada Bibir
  • Ketika Anda gelisah atau panik, Anda sering menggigit bibir. Mungkin Anda pikir itu hal yang biasa dilakukan semua orang. Anda juga mungkin berfikir seorang wanita yang menggigit bibir akan terlihat seksi. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini justru dapat memicu serta memperparah keadaan bibir Anda yang sudah kering?

  • Berusaha Menghilangkan Jejak Bibir Yang Terkelupas
  • Anda pikir dengan mengelupas seluruh kulit ari yang hampir terlepas dari bibir akan mempercepat proses penyembuhan bibir Anda. Padahal jika pengelupasan ini tidak terjadi secara alami, hal tersebut justru dapat membuat luka yang semakin parah di bibir Anda. Keluhan bibir kering pun tidak akan menghilang lewat cara ini.

  • Akibat Cuaca Sekitar
  • Buruknya kondisi bibir juga bisa terjadi jika Anda terlalu sering berada di luar ruangan. Terbiasa berada di terik matahari dan terkena angiin merupakan salah satu sumber penyebab utama keringnya bibir Anda. Setelah mengetahui penyebab keringnya bibir, alangkah baiknya untuk selalu memakan makanan yang sehat untuk keindahan kulit. Anda juga bisa meminum rangkaian vitamin yang tidak hanya berkhasiat merawat kulit dari dalam, namun juga bibir Anda. Hindari pula berlama-lama ada di luar ruangan tanpa perlindungan lip care yang mengadung UV Protection. Tujuan penggunaan lip care ini juga tidak sebatas bagi Anda yang sering berpergian ke luar saja, namun berlaku bagi Anda yang selama berjam-jam ada di ruangan ber AC. Terakhir, biasakan untuk memperlakukan bibir Anda dengan baik. Hindari kebiasaan buruk seperti menggigit, mengelupas bibir, dan menjilati bibir Anda.