Bawang putih untuk kecantikan

bawang putih
Obatpuas.com - Bawang putih sudah lama dikenal baik untuk kesehatan tubuh. Ternyata selain untuk melezatkan masakan dan mengobati penyakit, bawang putih juga punya khasiat untuk kecantikan.

Mau tahu apa saja?

Bawang Putih

1. Mengobati Jerawat
Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling sering dijumpai. Dan bawang putih ternyata berkhasiat untuk mengatasinya. Untuk mengobati jerawat, Anda dapat memanfaatkan khasiat dari bawang putih.

Caranya, haluskan satu atau dua siung bawang putih, lalu terapkan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan sekitar 10 menit di malam hari. Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi pada bawang putih akan mengeringkan jerawat dan mencegah terjadinya peradangan. Jika jerawat tidak terlalu parah, maka di pagi hari jerawat akan mengempis.

2. Mengatasi komedo
Masalah kecantikan lainnya yang cukup sering terjadi adalah komedo yang biasanya muncul di sekitar hidung, dan ini bisa mengganggu penampilan. Bawang putih ternyata juga bisa mengatasi masalah ini. Untuk menghilangkan komedo, Anda tinggal menghaluskan beberapa siung bawang putih segar.

Oleskan bawang putih lumat tadi pada bagian wajah yang berkomedo. Gosok-gosok dengan lembut dan perlahan agar cairan bawang putih bisa bekerja melembutkan dan mengangkat komedo di pori-pori. Jangan terlalu lama agar kulit tidak pedih. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

3. Melawan tanda-tanda penuaan
Siapa sangka kalau bawang putih juga ampuh untuk mengatasi gejala penuaan yang muncul di wajah dan area kulit sekitar leher? Bawang putih bisa dimanfaatkan melembutkan garis-garis halus dan kerutan yang muncul pada wajah.

Caranya, haluskan beberapa siung bawang putih lalu campurkan dengan sedikit air. Oleskan pada wajah seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang awet muda.

4. Mengurangi bekas luka dan tahi lalat
Bekas luka adalah salah satu masalah kecantikan yang juga bisa diatasi dengan bawang putih. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dalam bawang putih bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka atau tahi lalat dengan cara dioleskan langsung ke atas bekas luka yang telah mengering. Anda bisa menggosokkan irisan bawang putih atau bawang putih yang dihaluskan pada bekas luka.

5. Melembutkan kulit
Sekali-sekali cobalah menggunakan bawang putih untuk melembutkan kulit wajah Anda. Senyawa Allicin yang terkandung dalam bawang putih berkhasiat untuk menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Cara menggunakannya, campur bawang putih yang telah dihaluskan dalam masker wajah yang biasa Anda gunakan. Kemudian pakailah masker seperti biasa.

6. Mengatasi rambut rontok
Rambut yang rontok bisa diatasi dengan bawang putih. Kandungan allicin yang tinggi di dalam bawang putih selain bisa melembutkan kulit juga efektif untuk mengobati kerontokan rambut. Gosokkan irisan bawang putih pada kulit kepala Anda. Lakukan pijatan lembut agar nutrisi dari bawang putih meresap ke dalam kulit kepala. Anda juga dapat memanfaatkan minyak bawang putih di kulit kepala untuk mendapatkan khasiat yang sama.

Itulah manfaat bawang putih untuk kecantikan yang dirangkum dari Health Benefits Garlic dan Style Craze.