Cara mengobati gigi berlubang

gigi berlubang

Obatpuas.com - Cara Mengatasi Gigi Berlubang. Gigi yang sehat dan tidak berlubang merupakan gigi idaman bagi semua orang. Dengan gigi yang utuh dan tidak berlubang, kegiatan makan tidak akan mengalami kendala. Selain itu, gigi dan gusi yang sehat akan membuat anda menjadi lebih nyaman entah untuk kegiatan makan atau sekedar berbincang. Namun, bagaimana dengan anda yang mengalami masalah pada gigi dan gusi? Masalah pada gigi dan gusi yang paling umum adalah lubang dan pembengkakan. Bagaimana cara mengatasinya? banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut akan saya berikan ulasan lengkap mengenai cara mengatasi lubang dan pembengkakan pada gigi dan gusi.

Mengatasi Gigi Berlubang Dan Berdarah
Sebelum membahas tentang cara penanganan gangguan pada gigi dan gusi, saya akan membahas mengenai penyebab gigi berlubang terlebih dahulu. Gigi berlubang biasa disebabkan oleh cara menyikat gigi yang salah, frekuensi menyikat gigi yang tidak teratur dan terlalu sering memakan makanan yang memiliki citarasa manis. Jadi, bagi anda yang tidak memiliki keluhan gigi berlubang, anda dapat mencegahnya dengan cara rutin menggosok gigi dan mengurangi konsumsi makanan manis. Nah, untuk anda yang sudah terlanjur memiliki keluhan gigi berlubang agar tidak bertambah parah, berikut akan saya bagikan tips untuk mengatasi gigi berlubang dan meredakan rasa sakitnya.

6 Kiat mengatasi Gigi Berlubang Dan Berdarah

  1. Gunakan obat kumur setelah menggosok gigi
  2. Untuk mengatasi gusi bengkak dan rasa sakit yang ditimbulkan oleh lubang pada gigi, hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut. Bukan hanya untuk mencegah gusi bengkak dan gigi berlubang, menyikat gigi juga berguna untuk menghindari rasa sakit yang disebabkan oleh keberadaan lubang gigi dan pembengkakan pada gusi. Dengan menyikat gigi, bakteri yang terdapat didalam akan mati. Pastikan untuk selalu menggosok gigi seusai makan dan usahakan pula untuk menggunakan obat kumur agar mulut semakin bersih dan segar.

  3. Menggunakan Sari Jeruk Nipis
  4. Cara yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis. Jeruk nipis adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C didalam jeruk nipis sangat berguna untuk mengurangi rasa nyeri pada lubang gigi dan pembengkakan pada gusi. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan memanfaatkan sari jerukk nipis untuk diteteskan pada gigi yang berlubang. Lakukan kegiatan ini setiap 10 menit sekali hingga rasa nyeri-nya hilang.

  5. Gunakan Air Garam
  6. Yang ketiga adalah dengan menggunakan air garam. Larutkan garam pada setengah gelas air mineral yang hangat. Setelah itu aduk rata dan gunakanlah air garam tersebut sebagai obat kumur. Berkumurlah selama 3 menit kemudian buang air kumuran tersebut.

  7. Minyak Cengkeh
  8. Obat yang keempat untuk mengobati gigi berlubang dan gusi bengkak adalah minyak cengkeh. Cengkeh mengandung antioksidan, anti bakteeri dan anti inflamasi yang dapat membuat rasa nyeri menjadi berkurang dan hilang. Tuang sedikit minyak cengkeh pada kapas kemudian letakkan pada bagian gigi yang berlubang. Tunggu beberapa saat dan lepas jika sudah tidak sakit.

  9. Biasakan berkumur setelah makan
  10. Setelah selesai makan tentunya Anda harus membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi, Menggosok gigi adalah cara terbaik, namun tentunya menggosok gigi tidak bisa dilakukan dimana saja. Sebagai alternatifnya Anda bisa melakukan kumur-kumur untuk membuang sisa makanan. Hal ini agar makanan tidak terus menempel pada gigi dan membentuk asam pada lapisan gigi.

  11. Gunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Fluorida
  12. Salah satu cara untuk mengatasi gigi berlubang bisa menggunakan pasta gigi yang banyak mengandung fluorida, hal ini karena zat fluorida merupakan salah satu zat atau bahan pembentuk email pada gigi. Manfaat zat ini berkhasiat untuk mencegah terjadinya pembusukan pada gigi.


Demikian cara mengatasi nyeri pada gigi berlubang dan gusi bengkak.